AGE
IS JUST A NUMBER
Sosok guru IPS di Madrasah Negeri 3
Cianjur yang mempunyai kecintaan pada bidang teknologi adalah bapak Dede
Supriyatna, S.Pd. Walaupun beliau bukan berlatar belakang pendidikan teknologi akan tetapi dalam kepiawaian membuat game atau film pendek
itu sudah biasa dilakoninya. Karena keahliannya ini, kepala madarah MTs Negeri
3 Cianjur memberikan tugas tambahan kepada beliau sebagai guru pembimbing multimedia
dan photography. Peserta bimbingannya langganan menjadi juara pada perlombaan
yang diselenggarakan oleh tingkat SMA atau MA di wilayah kabupaten Cianjur.
Tidak hanya peserta didiknya saja yang selalu
mengikut perlombaan atau kejuaraan, akan tetapi beliau sendiri masih aktif ikut
lomba atau kejuaraan. Terakhir beliau mengikuti kejuaraan pembuatan sebuah
aplikasi mobile edukasi yang bisa dijalankan melalui perangkat smartphone atau tablet yang mengandung unsur
pendidikan. Kejuaraan atau kompetisi ini bernama “Lomba Aplikasi Mobile
Kihajar 2020”. Kejuaraan atau perlombaan ini diselenggarakan oleh Balai
Pengembangan Multimedia Pendidikan dan
Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud yang berada di Semarang Jawa Tengah.
Menurut beliau, ada beberapa hal yang
mesti dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan ini yaitu kita mesti menguasai
teknologi informasi untuk membuat sebuah aplikasi. Sewaktu lomba beliau menggunakan
aplikasi Adobe Flash. Persiapan dilakukan selama 1 bulan, terdiri dari
persiapan bahan materi pelajaran yang akan dibuat aplikasi, sumber dan bahan
gambar (gambar background, animasi, icon dan lain-lain) yang cocok, sound dan
musik latar, serta perlengkapan komputer yang memadai. terakhir membuat sebuah
rancangan bagaimana sebuah materi pelajaran dapat ditampilkan dalam sebuah
aplikasi yang menarik sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri,
manarik dan belajar dengan senang hati.
Ada beberapa kategori penilaian sewaktu
mengikuti perlombaan diantaranya:
Lomba
dibagi menjadi 4 kategori yaitu :
- Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
- Kategori Guru bertema mata pelajaran
- Kategori Umum bertema V-Lab, dan
- Kategori Umum bertema Game Edukasi
Aspek penilaian terdiri dari :
-
aspek orisionalitas
-
aspek materi dan desain pembelajaran
-
aspek media komunikasi visual
-
aspek rekayasa perangkat lunak
Motivasi mengikuti perlombaan atau
kompetensi ini ingin membuktikan bahwa
“SAYA JUGA BISA” Artinya sebagai guru yang ada di madrasah juga mampu untuk
bersaing dengan guru-guru yang ada dilingkungan sekolah di Kemendikbud, selain
itu guru yang berusia diatas 50 seperti saya ini masih dapat untuk berinovasi
dan berkarya, tak kalah dari guru-guru yang relatif masih muda usianya.
Ketika ada pengumuman nama saya tercantum dalam 20 karya terbaik, saya merasa bangga dan tak percaya karena lomba ini diikuti oleh ribuan guru yang ada di negara ini dari Sabang sampai Merauke. Ini juga merupakan jawaban atau pembuktian bahwa “SAYA JUGA BISA”, karena dalam biodata yang disertakan sebagai salah satu syarat perlombaan selain nama peserta dicantumkan pula asal sekolah serta daerah dimana peserta bertempat tinggal dan dimana melaksanakan tugas pokok mengajarnya.
https://medukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/?m1=lomba&produksi=2020&kd=ME20LOMG23
Selain kebanggan termasuk kedalam 20 besar
karya terbaik, peserta juga diberikan uang kadeudeuh yang lebih dari cukup
menurut ukurannya terhadap karya yang telah dikembangkan. Ini semua merupakan
anugrah dari Allah SWT yang mungkin tak akan terlupakan disela-sela 7 tahun
lagi yang mengabdi di madrasah tercinta ini.
Yang lebih membanggakan lagi, peserta yang
masuk 20 karya terbaik juga ditawari untuk menjadi Team Developer oleh BPKMP
Kemendikbud dalam pembuatan Animasi Pembelajaran untuk materi pembelajaran yang
akan digunakan oleh PAUD, DIKMAS, DIKSUS dan BUDDAS.
Untuk
tahun 2021 ini, saya juga sedang
mempersiapan untuk mengikuti lomba Membuat Aplikasi Media Edukasi (MAME) yang
diselenggarakan oleh BPMPK Kemendikbud. Software yang digunakan adalah
Construct-2 karena tahun ini selain hasil aplikasi atau dalam bentuk Apk yang
siap digunakan juga harus menyertakan file dalam bentuk HTML5. Mudah-mudahan
saya mendapatkan hasil yang terbaik.
Post a Comment