AGE IS JUST A NUMBER

 

AGE IS JUST A NUMBER

Sosok guru IPS di Madrasah Negeri 3 Cianjur yang mempunyai kecintaan pada bidang teknologi adalah bapak Dede Supriyatna, S.Pd. Walaupun beliau bukan berlatar belakang pendidikan  teknologi akan tetapi dalam kepiawaian membuat game atau film pendek itu sudah biasa dilakoninya. Karena keahliannya ini, kepala madarah MTs Negeri 3 Cianjur memberikan tugas tambahan kepada beliau sebagai guru pembimbing multimedia dan photography. Peserta bimbingannya langganan menjadi juara pada perlombaan yang diselenggarakan oleh tingkat SMA atau MA di wilayah kabupaten Cianjur.

Tidak hanya peserta didiknya saja yang selalu mengikut perlombaan atau kejuaraan, akan tetapi beliau sendiri masih aktif ikut lomba atau kejuaraan. Terakhir beliau mengikuti kejuaraan pembuatan sebuah aplikasi mobile edukasi yang bisa dijalankan melalui perangkat smartphone atau tablet yang mengandung unsur pendidikan. Kejuaraan atau kompetisi ini bernama “Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020”. Kejuaraan atau perlombaan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia  Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud yang berada di Semarang Jawa Tengah.

Menurut beliau, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan ini yaitu kita mesti menguasai teknologi informasi untuk membuat sebuah aplikasi. Sewaktu lomba beliau menggunakan aplikasi Adobe Flash. Persiapan dilakukan selama 1 bulan, terdiri dari persiapan bahan materi pelajaran yang akan dibuat aplikasi, sumber dan bahan gambar (gambar background, animasi, icon dan lain-lain) yang cocok, sound dan musik latar, serta perlengkapan komputer yang memadai. terakhir membuat sebuah rancangan bagaimana sebuah materi pelajaran dapat ditampilkan dalam sebuah aplikasi yang menarik sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri, manarik dan belajar dengan senang hati.

Ada beberapa kategori penilaian sewaktu mengikuti perlombaan diantaranya:

Lomba dibagi menjadi 4 kategori yaitu :

  1. Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
  2. Kategori Guru bertema mata pelajaran
  3. Kategori Umum bertema V-Lab, dan
  4. Kategori Umum bertema Game Edukasi

Aspek penilaian terdiri dari :

-          aspek orisionalitas

-          aspek materi dan desain pembelajaran

-          aspek media komunikasi visual

-          aspek rekayasa perangkat lunak

Motivasi mengikuti perlombaan atau kompetensi  ini ingin membuktikan bahwa “SAYA JUGA BISA” Artinya sebagai guru yang ada di madrasah juga mampu untuk bersaing dengan guru-guru yang ada dilingkungan sekolah di Kemendikbud, selain itu guru yang berusia diatas 50 seperti saya ini masih dapat untuk berinovasi dan berkarya, tak kalah dari guru-guru yang relatif masih muda usianya.

Ketika ada pengumuman nama saya tercantum dalam 20 karya terbaik, saya merasa bangga dan tak percaya karena lomba ini diikuti oleh ribuan guru yang ada di negara ini dari Sabang sampai Merauke. Ini juga merupakan jawaban atau pembuktian bahwa “SAYA JUGA BISA”, karena dalam biodata yang disertakan sebagai salah satu syarat perlombaan selain nama peserta dicantumkan pula asal sekolah serta daerah dimana peserta bertempat tinggal dan dimana melaksanakan tugas pokok mengajarnya.


Yang lebih membanggakan lagi karyanya itu dimuat di Portal Rumah Belajar Kemenikbud  serta di Portal medukasi.kemendikbud.go.id  dengan alamat : 

https://medukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/?m1=lomba&produksi=2020&kd=ME20LOMG23      

Selain kebanggan termasuk kedalam 20 besar karya terbaik, peserta juga diberikan uang kadeudeuh yang lebih dari cukup menurut ukurannya terhadap karya yang telah dikembangkan. Ini semua merupakan anugrah dari Allah SWT yang mungkin tak akan terlupakan disela-sela 7 tahun lagi yang mengabdi di madrasah tercinta ini.

Yang lebih membanggakan lagi, peserta yang masuk 20 karya terbaik juga ditawari untuk menjadi Team Developer oleh BPKMP Kemendikbud dalam pembuatan Animasi Pembelajaran untuk materi pembelajaran yang akan digunakan oleh PAUD, DIKMAS, DIKSUS dan BUDDAS.

Untuk tahun  2021 ini, saya juga sedang mempersiapan untuk mengikuti lomba Membuat Aplikasi Media Edukasi (MAME) yang diselenggarakan oleh BPMPK Kemendikbud. Software yang digunakan adalah Construct-2 karena tahun ini selain hasil aplikasi atau dalam bentuk Apk yang siap digunakan juga harus menyertakan file dalam bentuk HTML5. Mudah-mudahan saya mendapatkan hasil yang terbaik.

Post a Comment

أحدث أقدم